Minggu, 29 Mei 2016

[Trik] [Windows] Cara Mengetahui Password Wifi yang Tersimpan di Komputer

Berikut ini adalah artikel yang lagi-lagi saya kopas dari situs JalanTikus. Kenapa saya selalu kopas artikel dari JalanTikus? karena menurut saya, situs tersebut lumayan terkenal dan cara penyampaian dari segi bahasanya cukup mudah dimengerti.

Biasanya kalau kita sedang online di wifi publik, suka saja ada orang yang menanyakan password Wifi yang sedang kita gunakan. Biasanya kalau kita baru Connect, catatannya masih tersimpan, tapi apabila sudah sering, catatan Password juga sudah entah ada dimana. Atau bisa juga penyedia layanan Wifi memberikan password yang sulit untuk kita hafal, misal diberi password "r4h451a", atau "j4n64nb1l4n62".

Nah bila dalam kasus seperti diatas, ada baiknya kita melihat password yang tersimpan di komputer kita. Bagaimana caranya? berikut akan saya kopaskan artikelnya.

Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 10

  • Cari ikon WiFi yang ada di pojok kanan bawah taskbar Windows 10 kamu. Klik kanan lalu pilih "Open Network and Sharing Center".mengetahui-password-wifi-windows-10-1
  • Pilih koneksi WiFi yang ingin diketahui passwordnya.mengetahui-password-wifi-windows-10-2
  • Saat muncul jendela baru, pilih Wireless Properties.mengetahui-password-wifi-windows-10-3
  • Saat Wireless Network Properties terbuka, pilih Tab Security.mengetahui-password-wifi-windows-10-4
  • Untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Windows 10, ceklis menu Show characters. Secara otomatis password WiFi tersebut akan terlihat.mengetahui-password-wifi-windows-10-5

Melihat Password Wifi Windows 10 dengan CMD

Cara lain untuk melihat password WiFi di Windows 10 adalah dengan menggunakan CMD atau Command Prompt. Cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui password WiFi yang tidak terkoneksi dengan laptop atau komputer Windows 10 kamu tapi SSID-nya masih tersimpan.
  • Buka Command Prompt > Klik kanan > Run as administrator.mengetahui-password-wifi-windows-10-6
  • Masukan command berikut di Command Prompt.
netsh wlan show profiles
  • Setelah memasukan command di atas, akan muncul beberapa SSID yang pernah terhubung ke laptop dan komputer kamu.mengetahui-password-wifi-windows-10-7
  • Untuk mengetahui password WiFi-nya, kamu bisa memasukkan command berikut:
netsh wlan show profile name="nama SSID" key=clear
  • Akan muncul banyak informasi dari SSID yang kamu pilih, termasuk password WiFinya. Password WiFi dari SSID tersebut bisa kamu lihat di bagian Security settings.mengetahui-password-wifi-windows-10-8
Bagaimana..? bisa dimengerti kan caranya? untuk cara yang melalui Command Promt, itu juga bisa dipakai di OS Windows XP, 7, dan 8.

Nanti akan saya Update lagi cara mengetahui password Wifi tersimpan yang berada di dalam HandPhone Android. Ditunggu saja.

Oiya, berikut link sumber dari artikel diatas.

Link JalanTikus

Tidak ada komentar: