Selasa, 24 Mei 2016

[Trik] Mengecek spesifikasi komputer ber-OS Windows melalui jaringan LAN

Wew, udah lama banget saya gak nulis di blog ini.. nyaris 6 (baca:enam) tahun saya gak pernah pegang blog ini.

Bukannya sombong, tapi beberapa tahun terakhir ini banyak hal yang kayaknya nggak etis kalo saya ceritakan di Blog, dan di post di DuMay.

Kebetulan hari ini saya dapat masalah baru, yang belum pernah saya coba di bidang komputer. Jadi saya coba bagi di sini, siapa tahu banyak juga yang membutuhkan triknya.

Trik ini sebetulnya adalah fungsi bawaan Microsoft Windows, namanya System Information.


Penampakan System Information

Untuk pemanggilan Utility ini, bisa mengetikkan command "msinfo32" dalam command prompt, atau dalam menu run (Tekan tombol Windows+R di keyboard).

Pengetikan msinfo32 di command prompt

Kemudian, setelah keluar Utility System Information, masuk ke tab "view", kemudian pilih "remote computer".

Tampilan untuk pemilihan Komputer Client yang akan dilihat spesifikasinya.
 
Kemudian hanya tinggal mengetikkan alamat IP client atau nama PC Client yang akan dilihat spesifikasinya.
Ketikkan nama PC atau alamat IP Client disini
 
Ketika sudah diketikkan, tekan OK, maka akan muncul spesifikasi komputer client yang ingin di cek.
Ada beberapa komponen yang bisa di cek disini, bahkan kalau mengerti betul, bisa sekalian mengecek pembagian sumber daya dari masing-masing komponen yang terpasang. Saya ambil artikel ini dari blog seseorang. Untuk sumber dan ulasan lengkapnya, silahkan merujuk ke link dibawah.



Tidak ada komentar: